Blog Competition 2019 #2019GANTIBIMBEL

Teknologi A - ABC

Bahasa Pemrogramman

ABC


ABC adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Leo Geurts, Lambert Meertens, dan Steven Pemberton. Bahasa pemrogramman ini bersifat interaktif, terstruktur, tingkat tinggi, dan dimaksudkan untuk digunakan, bukan DASAR, Pascal, atau AWK.

Bahasa pemrogramman ini memiliki pengaruh besar pada desain bahasa pemrograman Python; Guido van Rossum, yang mengembangkan Python, sebelumnya bekerja selama beberapa tahun pada sistem ABC pada pertengahan 1980-an.

Perancangnya mengklaim bahwa program ABC biasanya sekitar seperempat ukuran program Pascal atau C yang setara, dan lebih mudah dibaca. Fitur utama termasuk:

  1. Hanya lima tipe data dasar.
  2. Tidak membutuhkan deklarasi variabel.
  3. Dukungan eksplisit untuk pemrograman top-down.
  4. Pernyataan bersarang ditunjukkan oleh indentasi, melalui aturan off-side.
  5. Aritmatika presisi tak terbatas, daftar dan string tanpa batas, dan fitur lain yang mendukung orthogonalitas dan kemudahan penggunaan oleh para pemula.

ABC pada mulanya merupakan implementasi monolitik, yang menyebabkan ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan persyaratan baru, seperti membuat antarmuka pengguna grafis. ABC tidak dapat secara langsung mengakses sistem file dan sistem operasi yang mendasarinya.

Contoh function ABC adalah sebagai berikut:
HOW TO RETURN words document:
   PUT {} IN collection
   FOR line IN document:
      FOR word IN split line:
         IF word not.in collection:
            INSERT word IN collection
   RETURN collection

Sistem ABC lengkap mencakup lingkungan pemrograman dengan pengeditan yang berorientasi pada sintaksis, saran, variabel persisten, dan beberapa ruang kerja - dan tersedia sebagai juru bahasa / penyusun, saat ini pada versi 1.05.02, dan porting ke Unix, DOS, Atari, dan Apple Jas hujan.

Penulis : Mutia Irnawati
Penerjemah : Mutia Irnawati




Kembali ke Home          |              Artikel Selanjutnya >