Blog Competition 2019 #2019GANTIBIMBEL

Teknologi A - Ace DASL

Bahasa Pemrograman

DASL


Bahasa Pemrograman DASL (Bahasa Spesifikasi Aplikasi Terdistribusi) adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan di Sun Microsystems Laboratories antara 1999 dan 2003 sebagai bagian dari Proyek Ace. Tujuan dari proyek ini adalah pengembangan aplikasi berbasis web yang cepat berdasarkan arsitektur J2EE Sun, dan menghilangkan kurva pembelajaran yang curam dari rincian platform spesifik.

DASL didefinisikan sebagai aplikasi model domain dengan satu atau lebih model presentasi logis, di mana model presentasi logis terdiri dari koreografi objek model domain yang dijelaskan dalam satu set formulir dengan tindakan yang dilampirkan. DASL menghasilkan antarmuka pengguna grafis langsung dari presentasi logis.

DASL adalah bahasa pemrogramman unik di antara bahasa pemrograman aplikasi modern lainnya, memiliki kemampuan untuk menghasilkan antarmuka pengguna grafis modern untuk aplikasi tanpa mengharuskan programmer untuk mendefinisikan antarmuka pengguna secara eksplisit, sementara memungkinkan programmer untuk mengontrol tampilan dan nuansa antarmuka pengguna grafis yang dihasilkan.

Bahasa DASL sebagian bersifat deklaratif dan sebagian prosedural. Deskripsi objek / struktur data dan ketekunan, dan deskripsi presentasi logis, adalah deklaratif. Kendala dan perilaku objek dasar bersifat deklaratif, sementara perilaku objek tambahan ditentukan secara prosedural sebagai metode. Pertanyaan dapat didefinisikan secara deklaratif atau dengan metode penulisan.

Bahasa dan lingkungan pengembangan adalah realisasi praktis dari pendekatan arsitektur model-driven (MDA). Programmer menggunakan DASL untuk menghasilkan model platform-independen atau PIM, dan pembuat kode bahasa secara otomatis menghasilkan dan menyebarkan model platform-spesifik atau PSM. PSM baru dapat diperkenalkan dengan menulis generator kode baru.

Penulis : Mutia Irnawati
Penerjemah : Mutia Irnawati




Kembali ke Home          |              Artikel Selanjutnya >