Blog Competition 2019 #2019GANTIBIMBEL

Teknologi A - Alef

Bahasa Pemrograman

Alef


Alef adalah bahasa pemrograman konkuren yang dihentikan, dirancang sebagai bagian dari sistem operasi Rencana 9 oleh Phil Winterbottom dari Bell Labs. Ini menerapkan model konkurensi berbasis saluran dari Newsqueak dalam bahasa C yang dikompilasi. 

Alef muncul dalam edisi pertama dan kedua dari Plan 9, tetapi ditinggalkan selama pengembangan edisi ketiga. Rob Pike kemudian menjelaskan penghentian Alef karena kurangnya manajemen memori otomatis, meskipun Alef adalah sebuah bahasa yang bermanfaat, itu terbukti terlalu sulit untuk mempertahankan bahasa varian di beberapa arsitektur.

Alef digantikan oleh bahasa pemrograman Limbo. Bahasa pemrograman Limbo dapat dianggap sebagai pengganti langsung Alef dan merupakan bahasa yang paling umum digunakan dalam sistem operasi Inferno. Model concurrency Alef direplikasi dalam edisi ketiga Plan 9 dalam bentuk pustaka libthread, yang membuat beberapa fungsi Alef tersedia untuk program C.

Contoh function Alef adalah sebagai berikut:

(int, byte*, byte)  func  {      return (10, "hello", c);  } void  main  {     int a;      byte* str;      byte c;      (a, str, c) = func;  } 

Penulis : Mutia Irnawati
Penerjemah : Mutia Irnawati




Kembali ke Home          |              Artikel Selanjutnya >